Tips Jual Tanah Di Jogja Tanpa Perantara - Tanah Kavling Jogja, Jual Beli Tanah Kavling, Memilih Tanah Kavlingan, Investasi Tanah Kavling
true

Tips Jual Tanah Di Jogja Tanpa Perantara

Tips jual tanah di Jogja tanpa perantara perlu diketahui, karena tanah yang dijual tanpa perantara biasanya lebih menguntungkan. Selain itu harga tanah di Jogja per meter yang dijual tanpa perantara biasanya sesuai dengan keinginan penjual, dalam artian bisa lebih murah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.
Kelebihan dan kekurangan jual tanah tanpa perantara
Saat ini pasti sering dilihat sebuah iklan tanah dijual tanpa perantara. Tanah dijual tanpa perantara adalah salah satu teknik menjual tanah tanpa bantuan pihak ketiga, seperti makelar, broker, atau agen property. Banyak alasan yang melatarbelakangi proses pemasaran tanah tanpa perantara ini. Beberapa di antaranya adalah:
·         Pemilik tanah ingin menjual tanpa perantara agar lebih praktis dan tidak terlalu bergantung pada pihak ketiga
·         Pemilik tanah bingung jika harus menggunakan jasa broker, atau bingung memilih jasa broker mana yang bagus
·         Pemilik tanah ingin menjual tanah warisan dan telah mendapatkan kesepakatan dari para ahli waris agar tanah dijual tanpa perantara
·         Pemilik tanah ingin mengubah harga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jika menggunakan jasa broker, biasanya akan sulit mengubah harga karena broker sudah memiliki acuan harga awal sendiri.
·         Pemilik tanah adalah seorang broker yang sudah memahami seluk beluk bisnis dan investasi tanah
·         Pemilik tanah tidak mempercayai jasa broker dan merasa yakin bisa memasarkan sendiri tanahnya
·         Dan masih banyak alasan lainnya
Apapun alasannya, jual tanah jogja murah tanpa perantara bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan dengan teknik ini akan didapatkan beberapa keuntungan, di antaranya sebagai berikut.
1.      Biaya rendah
Banyak orang yang menjual tanahnya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga karena memang proses pemasaran sendiri relatif tidak membutuhkan banyak biaya. Berbeda jika menjual tanahnya lewat pihak ketiga. Setidaknya akan dibutukan pembagian komisi jika tanah terjual nantinya.
2.      Praktis
Orang-orang yang tidak suka hal-hal rumit mungkin akan memilih menjual tanahnya sendiri tanpa perantara. Menjualkan tanah lewat jasa broker memang cukup rumit.
3.      Fleksibel menentukan harga
Tanpa campur tangan pihak ketiga, pemilik tanah bisa sesuka hati memasang harga tanah. Selain itu jika ingin mengubah harganya suatu saat nanti, pemilik tanah juga bisa lebih fleksibel. Berbeda dengan menggunakan jasa broker yang tidak mudah mengganti harga tanah.
4.      Negosiasi langsung dengan pembeli
Dengan menjual tanah secara langsung, pemilik tanah juga bisa leluasa melakukan negosiasi dengan calon pembeli. Selain itu kedua belah pihak dapat menjalin kerjasama atau kesepakatan secara langsung.
5.      Harga tidak dikendalikan pihak lain
Beberapa broker yang ingin mengambil keuntungan banyak biasanya akan menaikkan harga sesuka hati tanpa sepengetahuan pemilik tanah. Hal ini tentu akan merugikan si pemilik tanah.
Sedangkan kekurangan dari jual tanah tanpa perantara antara lain:
1.      Membutuhkan waktu dan tenaga berlebih
Tanpa bantuan pihak ketiga, bersiaplah untuk menghabiskan waktu dan tenaga yang lebih banyak dari biasanya.
2.      Sibuk mengangkat telpon sendiri
Kadang ada calon pembeli yang menelpon di saat-saat yang tidak diharapkan.
3.      Biaya iklan
Untuk pemasangan iklan di media cetak seperti koran, tentu harus membayar beberapa rupiah.
4.      Menunggu sedikit lebih lama sampai tanah terjual
Pemilik tanah juga perlu sabar menunggu calon pembeli yang benar-benar cocok.
Tips jual tanah di jogja tanpa perantara
Jika Anda ingin jual tanah kavling murah di jogja tanpa bantuan pihak ketiga, tentu dibutuhkan tips dan trik. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips jual tanah di jogja tanpa perantara yang bisa dilakukan.
1.      Pahami kondisi pasar
Sebelum memutuskan untuk menjual tanah, pastikan terlebih dahulu bahwa pemilik tanah benar-benar memahami kondisi pasar yang ada. Hal ini penting, karena dalam pemasaran tanah, tentu diperlukan wawasan atau pengetahuan yang lebih. Setidaknya, ketahui harga tanah di pasaran pada kawasan yang dekat dengan lokasi tanah yang akan dijual sebagai pertimbangan.
2.      Perkuat jaringan
Jaringan atau relasi merupakan faktor penentu keberhasilan setiap proses pemasaran, termasuk pemasaran tanah. Jika memiliki jaringan luas, maka informasi mengenai tanah tersebut akan mudah menyebar, dan potensi terjual dengan cepat juga akan lebih besar.
3.      Memasang iklan
Tips berikutnya adalah memasang iklan. Iklan tersebut bisa di pasang di lokasi, dan bisa juga dipasang di media lain dimana banyak orang melihatnya. Salah satunya adalah media sosial atau website jual beli properti. Hal ini akan membantu untuk mencari calon pembeli secara online.

Demikianlah beberapa keuntungan dan kekurangan menjual tanah tanpa perantara dan beberapa tips jual tanah di jogja tanpa perantara yang bisa dilakukan untuk keberhasilan pemasaran tanah. Semoga artikel ini dapat memberikan solusi yang bermanfaat.
Tips Jual Tanah Di Jogja Tanpa Perantara

Post a Comment

About Us

Tanah Kavling

Jogja


Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Hubungi Kami

Name

Email *

Message *