Tata Cara Jual Tanah Godean Jogja dan Proses Balik Nama - Tanah Kavling Jogja, Jual Beli Tanah Kavling, Memilih Tanah Kavlingan, Investasi Tanah Kavling
true

Tata Cara Jual Tanah Godean Jogja dan Proses Balik Nama

Jual tanah Godean Jogja merupakan sebuah proses menjual dan membeli tanah dengan jalan dan tata cara tertentu untuk mendapatkan keuntungan antara penjual dan pembeli. Dalam transaksi properti tentu saja dibutuhkan sebuah acuan kegiatan karena berkaitan dengan uang dan regulasi.

Tata Cara Jual tanah Godean Jogja
Seseorang yang ingin menjual tanah atau properti yang dimilikinya tentu saja harus tahu prosedur transaksi yang berlaku. Hal ini berkaitan dengan peraturan dan sertifikasi yang ada di masyarakat. Selain itu, penjual juga perlu mengetahui cara cepat jual tanah agar tanah yang ditawarkannya bisa menjadi lebih cepat terjual.
Sebagai pembeli pun, seseorang wajib mengetahui trik pemilihan tanah dan juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Adapun calon pembeli haruslah memperhatikan hal-hal berikut ini.
1.      Survey langsung ke lokasi
Survey ini wajib dilaksanakan, karena dengan demikian calon pembeli akan tahu semua hal mengenai aspek dan data langsung di lapangan. Baik itu yang berkaitan dengan fasilitas di sekitar tanah, lokasi tanah, kondisi tanah, serta data lain yang diperlukan. Hal ini akan memberikan manfaat bagi calon pembeli.
2.      Cek keaslian sertifikat dan surat tanah
Selain itu, calon pembeli juga harus memastikan surat dan sertifikat tanah yang ditawarkan. Calon pembeli wajib memastikan status kepemilikan tanah. Jangan sampai tanah itu adalah tanah sengketa atau tanah milik pemerintah yang bisa tergusur sewaktu-waktu.
3.      Cek berkala kewajiban penjual
Calon pembeli juga berhak mengecek secara berkala mengenai kewajiban yang harus dipenuhi oleh penjual. Misalnya kewajiban penjual untuk membayar pajak terhadap tanah, kewajiban balik nama, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mendongkrak kepercayaan antara pembeli dan penjual tanah. Baik itu tanah yang mahal, ataupun tanah murah Godean Jogja.
Setelah pembeli dan penjual menyepakati transaksi, maka keduanya harus mengajukan Akta Jual Beli tanah atau yang biasa disingkat dengan istilah AJB. Untuk mengajukan AJB, harus didatangi Kantor PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) dengan membawa berkas yang lengkap. Adapun berkas yang perlu disiapkan antara lain sertifikat tanah asli, KTP penjual dan KTP istri/suaminya, atau surat kematian jika suami/istri sudah meninggal, surat persetujuan suami istri, bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) lima tahun terakhir, serta Kartu Keluarga. Sedangkan pembeli harus mempersiapkan KTP dan KK.
Adapun tahapan pembuatan Akta Jual Beli tanah dijual di Godean Jogja adalah sebagai berikut.
1.      Petugas pembuat akta akan mengecek keaslian tanah ke kantor Pertanahan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah surat tersebut asli atau palsu untuk menghindari sengketa di masa depan.
2.      Jika surat memang asli, maka petugas akan meminta calon pembeli tanah membuat sebuah pernyataan secara tertulis yang berisi bahwa hak tanah di luar kesepakatan tidak boleh diganggu, karena tidak termasuk dalam kavling yang diperjual belikan.
3.      Petugas juga akan meminta penjual tanah untuk membuat surat pernyataan bahwa tanah yang akan dijual adalah tanah yang bebas sengketa, atau tanah yang tidak sedang berada pada kasus pegadaian bank.
4.      Pihak penjual harus membayar PPh sebesar 5% dari harga jual dengan peraturan yang berlaku.
5.      Calon pembeli juga harus membayar pajak BPHTP sebesar 5% sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Jika semua data sudah lengkap dan proses AJB bisa dilakukan, selanjutnya penjual dan pembeli sepakat menandatangani akta tersebut. Adapun syarat untuk menandatangani adalah sebagai berikut:
1.      AJB dihadiri oleh pihak penjual dan calon pembeli.
2.      Ada dua orang saksi dari perangkat desa atau kecamatan sebagai petugas PPAT dan pegawai notaris yang ditunjuk melalui Notaris PPAT
3.      Ada proses penjelasan isi dan maksud dari akta tersebut kepada penjual dan pembeli.
4.      Jika sudah terjadi kesepakatan, kedua belah pihak menandatangani sesuai persyaratan. Selain itu, ditandatangani oleh saksi dan petugas.
5.      Akta akan dicetak dalam 2 rangkap, satu untuk kantor PPAT dan yang satu untuk kantor pertanahan. Pembeli dan penjual diberi salinan saja.
Proses Balik Nama Jual tanah Godean Jogja
Setelah proses AJB selesai, selanjutnya adalah proses balik nama, yaitu proses pengubahan nama kepemilikan tanah dari penjual ke pembeli. Proses ini merupakan proses lanjutan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan. Adapun dokumen yang diperlukan untuk proses ini antara lain sebagai berikut:
·         Surat permohonan balik nama yang disetujui kedua belah pihak
·         Akta Jual Beli yang tadi sudah diurus
·         Sertifikat hak atas tanah asli
·         Salinan KTP legalisir pembeli dan penjual
·         Bukti lunas pembayaran PBB Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir,
·         Bukti lunas pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah

Itulah tata cara jual tanah Godean Jogja dan proses balik namanya. Semoga bermanfaat.
Tata Cara Jual Tanah Godean Jogja dan Proses Balik Nama

Post a Comment

About Us

Tanah Kavling

Jogja


Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Hubungi Kami

Name

Email *

Message *