Pelajari Keuntungan Investasi Tanah Kavling di Daerah Perkotaan - Tanah Kavling Jogja, Jual Beli Tanah Kavling, Memilih Tanah Kavlingan, Investasi Tanah Kavling
true

Pelajari Keuntungan Investasi Tanah Kavling di Daerah Perkotaan

Keuntungan investasi tanah kavling sangat banyak, apalagi di daerah perkotaan yang harga tanahnya kian lama kian mahal. Tanah kavling tentu banyak peminatnya karena banyak keuntungan dari memiliki tanah kavling. Oleh sebab itu, tanah kavling bisa menjadi ladang bisnis investasi tanah yang benar-benar memberikan potensi laba berlipat ganda. Simak penjelasannya di bawah ini.
Apa saja keuntungan investasi tanah kavling?
Bisnis tanah atau investasi tanah ada banyak jenisnya. Namun, semua jenis investasi tanah bisa dibilang sangat menguntungkan. Hal ini berkaitan dengan harga tanah yang tidak pernah turun dan cenderung mampu memberikan keuntungan berlebih di waktu yang akan datang. Apalagi jika tanah tersebut diolah dengan baik, misalnya dibuatkan akses jalan yang baik atau diolah sebagai lahan penghasil tanaman yang bisa dipanen setiap tahun. Maka keuntungannya akan semakin berlipat ganda.
Salah satu jenis tanah yang sering dijadikan aset investasi, terutama di lahan perkotaan adalah tanah kavling. Tanah kavling merupakan jenis tanah yang sudah dipetak-petak atau sudah dibagi-bagi dengan tujuan komersial. Tanah kavling biasanya sudah memiliki akses jalan yang baik dan memadai. Tanah kavling biasanya banyak dijual untuk perumahan atau lahan pertokoan jika lokasinya ada di tepi jalan raya besar.
Berikut ini adalah beberapa keuntungan investasi tanah kavling yang bisa didapatkan. Untuk Anda yang ingin mulai berbisnis tanah kavling, simak penjelasannya berikut ini:
1.      Capital gain
Yang dimaksud dengan capital gain di sini adalah nilai jual tanah kavling yang tidak pernah turun. Siapapun pasti mengerti bahwa harga tanah, terutama di lingkungan perkotaan akan selalu mengalami kenaikan. Apalagi untuk jenis tanah kavling. Bahkan kenaikan harga tanah per tahun bisa mencapai 20 – 25%. Bisa dibayangkan jika tanah tersebut dijual lagi dalam 5 tahun ke depan, maka akan didapatkan keuntungan 100%. Terutama jika lokasi tanah kavling tersebut benar-benar strategis dan potensial untuk dikembangkan lebih lanjut.
2.      Investasi jangka panjang
Tips investasi tanah yang paling sering didengar adalah jangan jual tanah dalam waktu dekat. Maksudnya, tunggulah beberapa tahun ke depan ketika harga jualnya semakin tinggi. Sekalipun jika ada seseorang yang menawar dengan harga tinggi di tahun pertama, jangan jual tanah tersebut di tahun pertama. Hal ini akan sangat menguntungkan. Maka dari itu, sebaiknya tanah tidak dijadikan tabungan untuk kebutuhan sehari-hari, namun dijadikan tabungan untuk jangka panjang saja.
Selagi menunggu beberapa tahun ke depan, tanah tersebut akan mengalami kenaikan harga jual tanah. Jika tanah sudah benar-benar menghasilkan keuntungan yang baik, barulah jual tanah tersebut dengan harga yang pantas.
3.      Tidak membutuhkan biaya perawatan
Salah satu keuntungan memiliki tanah kavling adalah tanah tersebut relatif tidak membutuhkan biaya yang besar untuk pemeliharaan atau perawatannya. Tidak seperti rumah, yang tentu saja harus dirawat, tanah tidak perlu dirawat layaknya sebuah bangunan. Tanah juga tidak membutuhkan biaya untuk listrik atau air setiap bulan.
4.      Dapat dikembangkan sebagai nilai tambah
Cara investasi tanah yang menguntungkan adalah dengan mengolah atau mengembangkan tanah itu agar dapat memberikan laba yang lebih besar di masa depan. Tanah kavling yang berada di depan jalan raya utama dapat dijadikan ruko atau bangunan komersial lainnya. Bahkan tanah yang lapang di perkotaan saat ini bisa dijadikan lahan parkir untuk disewakan. Hal ini akan memberikan nilai jual yang lebih tinggi di kemudian hari.
5.      Permintaan dan persediaan
Jika melihat kondisi saat ini, ketika masyarakat kian tumbuh jumlahnya, maka bisa dikatakan bahwa persediaan tanah kavling tidaklah banyak. Namun jumlah penduduk yang kian meningkat tentu memberikan peluang permintaan yang tinggi. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan, karena jika persediaan rendah namun permintaan tinggi, harga tanah dapat dimahalkan dan dijual dengan harga yang sangat pantas.
Apalagi di daerah perkotaan, ketika lahan kian lama kian menyempit, maka akan semakin banyak permintaan akan jenis tanah kavling. Tanah kavling itu sendiri memang hadir sebagai solusi lahan sempit perkotaan.
6.      Dapat dialokasikan untuk bisnis yang lain
Selama menunggu masa jual tanah, tanah dapat dialokasikan ke bisnis yang lain. Misalnya tanah di pinggiran kota, dapat dijadikan lahan perkebunan yang menghasilkan buah-buahan setiap kali panen. Selagi menunggu beberapa tahun ke depan hingga lokasi tanah tersebut benar-benar berkembang dan harga tanah tersebut benar-benar mahal, sebelum menjual kembali tanah tersebut, panen tersebut akan memberikan penghasilan tambahan sepanjang tahun.

Itulah beberapa keuntungan investasi tanah kavling yang bisa didapatkan. Sebenarnya semua bisnis investasi memang akan memberikan keuntungan, namun bisnis investasi tanah kavling ini memang layak untuk dijalankan, terutanma di perkotaan. Namun, apapun pilihan investasinya, semua tergantung pada individu masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat.
Pelajari Keuntungan Investasi Tanah Kavling di Daerah Perkotaan

Post a Comment

About Us

Tanah Kavling

Jogja


Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Hubungi Kami

Name

Email *

Message *