Cara Jual Tanah ke Bank dan Mendapat Keuntungan - Tanah Kavling Jogja, Jual Beli Tanah Kavling, Memilih Tanah Kavlingan, Investasi Tanah Kavling
true

Cara Jual Tanah ke Bank dan Mendapat Keuntungan

Cara jual tanah ke bank merupakan salah satu alternatif menjual tanah yang bisa dilakukan oleh seseorang. Apalagi jika orang tersebut sangat kesulitan untuk menjual tanahnya atau kesulitan dalam menemukan calon pembeli yang tepat. Walau kelihatannya cukup rumit, namun menjual tanah ke bank ternyata tidak serumit yang dipikirkan banyak orang. Justru cara ini merupakan salah satu cara menjual tanah supaya cepat laku.
Keuntungan Jual Tanah ke Bank
Menjual tanah memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan waktu yang panjang untuk mencari calon pembeli yang cocok. Selain itu, proses mencari calon pembeli itupun kadang juga lama dan cukup sulit. Walau saat ini ada kemudahan dari internet, dimana banyak orang bisa mengunggah iklan jual tanah mereka, tetap saja menjual tanah tidak semudah kelihatannya.
Hal inilah yang biasanya membuat pemilik tanah tidak sabar. Oleh karena itu, biasanya pemilik tanah memilih jalan yang lebih cepat, yaitu dengan cara menawarkan tanah ke developer. Namun jika tanah yang dijual ternyata tidak cukup luas untuk ditawarkan ke developer, masih ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara jual tanah ke bank.
Mungkin masih banyak orang yang berpikir bahwa menjual tanah lewat bank akan menghabiskan waktu dan cukup rumit. Namun, menjual tanah ke bank memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:
·         Cepat laku
Salah satu alasan mengapa menjual tanah ke bank cukup diminati adalah karena tanah tersebut akan cepat laku. Hal ini dikarenakan bank memang memiliki jaringan yang luas. Jaringan yang luas ini, entah itu jaringan dengan nasabah atau non-nasabah, tentu akan menguntungkan bagi pemilik tanah. Tanpa mereka mengiklankan tanah tersebut, sudah tentu tanah akan terjual.
·         Ada sistem kredit
Bank kebanyakan juga lebih diminati, karena seringkali bank menjual tanah tersebut dengan sistem kredit. Sama halnya rumah yang bisa dibeli dengan KPR, tanah juga bisa dibeli dengan sistem KPT. Walau belum terlalu populer, namun kredit kepemilikan tanah tersebut memang ada. Hal ini tentu akan membantu pihak-pihak yang mungkin ingin memiliki tanah namun tidak bisa membelinya karena keterbatasan dana.
·         Lebih aman
Selama transaksi dilakukan, baik penjual ataupun pembeli akan aman dan terhindar dari penipuan. Hal ini berkaitan dengan sertifikat tanah yang biasanya akan ditahan di bank selama masa pelunasan kredit. Selain itu, bank juga akan mengecek data-data mengenai tanah tersebut secara hukum. Maka jika ada tanah yang bermasalah secara hukum, pembeli ataupun pemilik tanah bisa mengetahui sebelum transaksi dilakukan.
Cara Jual Tanah ke Bank yang Tepat
Dari kedua keunggulan tersebut tentu mungkin akan ada yang bertanya bagaimana cara menjual tanah ke bank. Sebenarnya cara menjual tanah kavlingan melalui bank itu tidak rumit. prinsipnya adalah penjual mengajukan tanah ke bank, bank mencarikan pembeli, lalu pembeli bisa membeli tanah tersebut secara kredit melalui bank. Cara ini tentu akan lebih memudahkan calon pembeli tanah. Apalagi yang tidak memiliki dana yang besar untuk memiliki tanah.
Pemilik tanah juga bisa mencari calon pembeli sendiri di luar sana yang memang ingin membeli tanahnya. Dan jika calon pembeli tersebut tidak memiliki dana yang cukup untuk melunasi tanah tersebut, pemilik tanah bisa menawarkan opsi kredit kepemilikan tanah dari bank. Jika kedua belah pihak setuju, maka pemilik tanah dan calon pembeli bisa mengajukan diri ke bank untuk ditinjau lebih lanjut.
Perlu diketahui, walaupun pembeli akan membayar tanah tersebut secara kredit, pemilik tanah atau penjual tanah nantinya tetap akan bisa mendapatkan harga jual tanah tersebut secara tunai, karena secara garis besar, bank akan menalangi dana untuk pembeli, baru nanti pembeli akan melunasinya ke bank secara kredit.
Selain itu, pembeli juga hanya perlu membayar uang muka atau DP (Down Payment) di awal transaksi. Nanti sisanya bisa dilunasi secara kredit dengan jangka waktu tertentu. Maka dalam hal ini, kesepakatan akan ada pada pembeli dan bank, sedangkan penjual tidak ikut campur lagi mengenai transaksi selanjutnya.
Selama masa pelunasan kredit kepemilikan tanah tersebut, bank biasanya akan menahan sertifikat tanah hingga jangka waktu yang ditentukan. Setelah jangka waktu tersebut selesai, dan pembeli sudah bisa melunasi tanah tersebut, maka sertifikat tanah akan diserahkan secara sah kepada pembeli tersebut.
Begitulah garis besar tata cara jual beli tanah melalui bank. Dengan demikian, transaksi akan aman dan mudah. Maka, jika ada seorang calon pembeli tanah yang ingin membeli tanah namun terbentur masalah biaya, cara ini bisa dilakukan sebagai solusi kedua belah pihak.
Demikianlah tips dan cara jual tanah ke bank sebagai perantara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan calon pembeli tanah dengan cepat. Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak pihak.
Cara Jual Tanah ke Bank dan Mendapat Keuntungan

Post a Comment

About Us

Tanah Kavling

Jogja


Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



Hubungi Kami

Name

Email *

Message *